expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 23 Desember 2013

PENGOBAT HATI


TERAPI HATI

obat hati itu ada lima perkaranya 
nomor satu,membaca Al Quran dengan maknanya 
nomor dua, sholat malam dirikanlah 
nomor tiga, berkumpullah dengan orang sholeh 
nomor empat, perbanyaklah berpuasa 
nomor lima, dzikir malam perpanjanglah
barang siapa yang melakukan salah satunya 
insya Allah, Yang Maha Kuasa memberkati
 
  Begitulah bunyi lagu yang disenandungkan oleh opick yang sempat membawa albumnya naik daun.  Bahkan tidak jarang lagu tersebut dilantunkan di tempat-sempat suci saat menunggu berlangsungnya ritual islam (baca: sholat) yang disebut madah-madah.
Hati (bahasa Yunani: ἡπαρ, hēpar) merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Hati memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia .seperti hadis yang terdapat dalam kitab Arbain Nawawi berikut
:
عن عبدالله النعمان ابن بشر رضي الله  عنهما قال لا وان في الجسد مضغة اذا صلحت صلح الجسد كله و اذا فسدت فسد الجسد كله الا وهي القلوب رواه البخاري ومسلم
Terjemah hadits :
Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata, Saya mendengar Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda, ". Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati “. (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Hadis tersebut menunjukkan bahwa setiap insan harus selalu menjalani kehidupan dengan selalu menjaga hatinya. Hati  tidak boleh sakit walau sedikitpun, karena hati merupakan kunci utama sehatnya elemen tubuh manusia lainnya.  Jika hati tidak baik maka tubuh yang lain juga sudah barang tentu tidak baik pula, begitu pula sebaliknya.. Saat orang hatinya sedang mengalami sakit maka ia akan memaksa  bagi pemiliknya untuk melakukan apapun yang ia inginkan , oleh karenanya manusia sebagai pemilik hati hendaknya mengetahui penyakit serta pengobat bagi organ tubuh yang sangat berpebgaruh penting ini.
dalam bukunya imam ghazali tentang hati juga dijelaskan ,kalau hati itu punya racunnya. antara lain : banyak makan,banyak memandang ,banyak bicara ,dan juga banyak bergaul,banyak tertawa juga akan mematikan (kepekaan dan kelembutan)  hati.
            Dengan kata lain hati merupakan markas utama timbulnya keinginan hawa nafsu yang selalu memberontak untuk terus dipenuhi. Saat itu banyak hal negatif yang dituntutnya, maka tidak jarang seseorang berhati resah, gundah dan gelisah jika keinginan yang dimaksud tidak terpenuhi.  Luapan amarah tidak terkontrol, dan banyak hal tidak baik yang dilakukannya.Penyakit hati setiap manusia dengan berbagai versinya sangat mengancam, siapapun bisa terdeteksi penyakit yang satu ini, maka tidak heran saat banyak manusia menyombongkan diri, melalukan hal yang tidak seharusnya dilakukan, hasud dan lain sebagainya, oleh karenanya sebelum penyakit ini meyerang, alangkah lebih baiknya mencegah daripada mengobati .
Hati yang sakit biasanya ditandai dengan adanya kurang dalam menjalani ibadah, malas itulah alasan utamanya. Saat hal ini terasa melanda dengan segera harus diobati. Salah satu obat yang telah dipaparkan di atas adalah dengan memperbanyak dzikir atau membaca al Quran berikut ma’nanya. Dengan sifat-sifat  hati yag gudangnya keinginan ini,maka hati harus ditundukkan dengan peringatan-peringatan. dengan memperbanyak berzikir. Yang dimaksud dzikir  bukan hanya menyebut nama Allah,tapi juga membaca alquran,karena zikir artinya mengingat  supaya hati kita ingat akan perintah-perintah dan ancaman Allah.  Maka tidak heran lagu yang disenandungkan opick berbunyi baca quran dan maknanya menjagi bait pertama dalam lagu itu. Dalam Alquran disebutkan:
 الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ( 28)
28. Orang-orang yang selalu kembali kepada Allah dan menyambut kebenaran itu adalah orang-orang yang beriman. Mereka adalah orang-orang yang ketika berzikir mengingat Allah dengan membaca al-Qur'ân dan sebagainya, hati mereka menjadi tenang. QS. ar Ra’d :28
 Hati memang tidak akan dapat tenang tanpa mengingat dan merenungkan kebesaran dan kemahakuasaan Allah, dengan selalu mengharap keridaan-Nya. Selain dzikir salah satu peringatan paling mujarab untuk obat hati adalah mengingat kematian ,karenanya rasul bersabda : “Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian).”
وعن ابن عمر قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : " إن هذه القلوب تصدأ كما يصدأ الحديد إذا أصابه الماء " قيل : يا رسول الله وما جلاؤها ؟ قال : " كثرة ذكر الموت وتلاوة القرآن " روى البيهقي الأحاديث الأربعة في شعب الإيمان
Dari Ibnu Umar berkata” Rasulullah bersa’bda” sesungguhnya hati ini keras seperti halnya besi yang tersiram air “lalu dikataka “  apa penawarnya?”  rasulullah menjawab “  dengan memperbanyak dzikir dan mengingat kematian “ hadis riwayat al Baihaqi
Dengan demikian insya Allah hati menjadi bersih kembali.salah satu tanda hati bersih adalah mudah untuk bergetar saat mendengar nama Allah,menangis dalam doa dan sholatnya (lebih utama sholat malam/tahajud , seperti  yang telah dijelaskan dalam al Quran sebagai berikut:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (2)
Sesungguhnya hati orang-orang yang benar- benar beriman selalu dipenuhi rasa takut dan tunduk kepada Allah. Apabila disebut asma Allah hati mereka bergetar dan diliputi rasa takut (haybah). Semakin mereka mendengar ayat-ayat al-Qur'ân dibacakan, semakin kokoh keimanan mereka dan semakin mendalam rasa tunduk serta semakin bertambah pengetahuan mereka pada Allah. Sehingga, pada akhirnya, mereka tidak menyandarkan diri selain kepada Allah yang menciptakan, melindungi, dan memelihara mereka.
Karena kematian adalah sebagai pengingat diri bahwa segala kesenangan di dunia ini pasti berakhir,dan kita tidak pernah tau kapan akan berakhir kehidupan kita ini masing-masing ,oleh karena itu kita harus bersiap-siap  untuknya dengan menyiapkan bekal untuk di akherat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar